Makanan Khas Sunda Yang Terkenal Enak

Makanan Khas Sunda Yang Terkenal Enak

Mangabird –┬áSelain budaya dan keindahan alamnya, Tanah Sunda memiliki pesona kuliner yang tidak pernah mengecewakan. Makanan sunda memang paling enak dan selalu bikin ketagihan. Bahkan beberapa menu kuliner khas Sonda dikenal di seluruh pelosok tanah air dan luar negeri. Cita rasanya yang unik membuat makanan Sunda sulit untuk dilupakan.

Tentunya Anda ingin tahu kuliner khas Tanah Pasundan dengan ulasannya bukan? Tanpa basa-basi lagi, simak informasi Makanan tradisional Indonesia yang berasal dari Sunda di bawah ini.

1. Nasi Tutug Oncom

Masakan Sunda Bandung yang pertama dan paling terkenal adalah Nasi Tutug Oncom. Dari namanya saja, makanan jenis ini memiliki dua bahan utama yaitu nasi dan oncom.

Oncom sendiri merupakan produk olahan kedelai yang mengalami proses fermentasi. Di Jawa Barat, ada banyak penjual Nasi Tutug Oncom. Biasanya Anda akan menemukannya di pinggir jalan atau di warung makan.

Untuk membuat Nasi Tutug Oncom, Anda bisa langsung mencampur nasi putih dengan oncom goreng. Kemudian ditutup atau dihaluskan hingga nasi dan oncom menyatu.

Nasi Tutug Oncom biasanya disajikan dengan berbagai jenis lauk seperti tahu goreng, tempe goreng, ayam goreng, dan lalapan. Dan yang tidak boleh dilewatkan adalah sambal terasi.

2. Nasi timbel

Selain Nasi Tutug Oncom, makanan khas Sunda atau Jawa Barat lainnya yang juga sangat terkenal adalah Nasi Timbel.

Selain itu di kelompok heavy food, Nasi Timbel juga menjadi kuliner khas Sunda yang sayang untuk dilewatkan. Nasi timbel merupakan hidangan yang sangat populer, sehingga kita dapat dengan mudah menemukannya di sebagian besar warung makan di provinsi Jawa Barat.

Makanan ini berupa nasi kukus yang dibungkus dengan daun pisang. Nasi Timbal biasanya dibuat dengan nasi Bagolo atau nasi merah campur. Menggunakan daun pisang sebagai pembungkus Nasi Timbal membuat hidangan ini memiliki aroma yang enak dan menggoda.

Nasi Timbel biasanya akan disajikan dengan berbagai lauk seperti Ikan Asin, Pepes Ikan, Impa dan Ayam Goreng. Tidak lupa sambal dan lalapan yang membuat masakan ini semakin nikmat.

3. Kupat Tahu

Kupat Tahu adalah makanan khas Sunda yang tergolong makanan berat. Pada bagian kupat tahu terdapat komposisi utama yaitu kupat atau kita kenal dengan ketupat. Ketupat adalah nasi olahan dengan sedikit garam yang ditempatkan dalam wadah khusus janur (daun kelapa muda).

Ketupat dimasak dengan cara direbus selama berjam-jam. Kupat atau ketupat yang sudah matang akan memiliki tekstur yang lembut namun padat sehingga dapat dipotong-potong dengan pisau.

Kupat Tahu disajikan dengan tambahan irisan tahu goreng dan tauge matang. Bumbu untuk perona pipi adalah saus kacang yang manis dan tajam. Taburan bawang merah goreng adalah pelengkap pelengkap yang sempurna.

Perpaduan antara tahu bertekstur lembut dan irisan berlian yang padat membuat hidangan ini cocok untuk menu sarapan atau makan siang.

4. Bakakak Hayam

Hidangan Sunda lezat lainnya adalah Bakakak Hayam atau Ayam Bekakak. Dari namanya saja sudah bisa ditebak kalau makanan khas Sunda ini menggunakan daging ayam sebagai bahan utama masakannya.

Makanan ini terdiri dari ayam yang dibumbui dengan bumbu khusus dan kemudian dipanggang. Hidangan ini biasanya menjadi hidangan yang lezat jika disantap bersama. Tentunya wajib dengan tambahan sambal dan lalapan.

Bagi masyarakat Pandeglang, Bakakak Hayam merupakan menu khas untuk acara adat dan festival. Misalnya, pernikahan, khitanan, dll. Selain itu, Bakakak Hayam kini juga disajikan di banyak warung makan dan restoran di dalam dan sekitar Bandung.

5. Mie Kocok

Masakan Sunda ini istimewa karena menggunakan kuah kaldu sapi. Sesuai dengan namanya, Mie Beat diolah dengan cara mengocok mie menggunakan semacam wadah yang berlubang dan ada pegangannya.

Penjual akan mengocok mie dengan mangkuk dalam air panas agar mie empuk, empuk dan matang. Mie yang sudah matang kemudian disajikan dengan kuah kaldu sapi yang gurih.

Untuk melengkapinya, selain kuah mie, ada bahan tambahan seperti irisan daun seledri dan tauge yang sudah dimasak. Biasanya ada tambahan kerikil, bakso, dan bawang merah goreng di atasnya.